Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Krisis Pangan Mengancam!

Sudah lebih dari sebulan lamanya, masyarakat Indonesia terutama yang suka masakan pedas agak kerepotan menyantap makan kesukaannya. Kenapa? akar masalahnya cuma satu, harga cabai yang meroket naik.
Bayangkan, harga satu kilogram cabe lebih mahal daripada satu kilogram beras. Di beberapa daerah, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, harga cabai sempat menyentuh angka Rp 100.000/kg.

Kini, setelah harga cabai "normal" giliran harga bawang merah yang merangkak naik, diikuti langkanya berbagai macam barang kebutuhan pokok lainnya, seperti, beras, ikan, sayur-mayur.

Lonjakan harga dan krisis pangan kini menghadang. Tak hanya di Indonesia, di sebagian belahan dunia juga dilanda kerawanan pangan. Di beberapa negara seperti, Mesir, Kamerun, dan Haiti, lonjakan harga samapi memicu kerusuhan.

Selain faktor Cuaca yang makin tak menentu, sehingga resiko gagal panen tahun ini membayangi ekonomi dunia. Sedangkan negara-negara produsen beras seperti, Thailand, Vietnam memilih mengurangi ekspor untuk memenuhi kebutuhan domestik mereka. situasi ini diperparah oleh ulah beberapa pedagang nakal yang secara sengaja menaikkan harga seenaknya.(elf)

Post a Comment for "Awas Krisis Pangan Mengancam!"

loading...
loading...