Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mbok Giyem, Pejuang Pangan dan Aktivisis Lingkungan

Mbok Giyem (Youtube/Fathur Rozak)
Simaraya - Mbok Giyem, biasanya perempuan ini dipanggil. Sekilas tak ada yang istimewa pada petani perempuan dari desa Larangan, Tambakromo, Pati, Jawa Tengah ini.

Tetapi, dibalik kesederhanaan dan kesahajaannya, perempuan yang belum lama terpilih sebagai salah satu dari 9 Perempuan Pejuang Pangan 2016 ini selain menjadi perempuan petani aktif, ia juga terlibat dalam gerakan penyelamatan lingkungan. 

Dia aktif mengikuti Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK), sebuah gerakan yang mengupayakan pelestarian lingkungan termasuk menjaga lahan serta sumber air mereka dari gempuran industri ekstraktif semen. Salah satu aksinya yang menghebohkan adalah saat ia bersama delapan perempuan yang melakukan Aksi Ngecor Kaki didepan istana merdeka Jakarta pada medio April 2016 lalu


Giyem, satu dari Sembilan Kartini Kendeng, bangga menjadi petani. Bisa menyediakan pangan bagi masyarakat, adalah alasan sederhana, ia tetap bertahan menjaga lahannya agar tetap ditanami padi, maupun jagung. Ia patut disebut sebagai biyung pari, ibu yang turut menyediakan pangan masyarakat. Impor pangan, baginya adalah kepandiran.


Sumber:  Artikel Villagerpost (diolah), Foto (Youtube/Fathurrozak)

Post a Comment for "Mbok Giyem, Pejuang Pangan dan Aktivisis Lingkungan"

loading...
loading...