Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Peluang Usaha Sektor Pertanian yang Menggiurkan

5 Peluang Usaha Sektor Pertanian yang Menggiurkan

Simaraya Blog -- Produk hasil pertanian sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Ini menjadikan bisnis sektor pertanian sebagai peluang usaha menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan. 

Jika dikelola secara profesional, usaha pertanian mulai dari penjualan bibit hingga pupuk bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Berikut beberapa usaha sektor pertanian yang memiliki prospek menjanjikan: 

1. Sayuran Organik 

Sayuran organik merupakan salah satu usaha pertanian yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Sebagian masyarakat modern saat ini sudah mulai mengkonsumsi makanan sehat. 


Salah satunya sayuran organik yang proses penanamannya tidak menggunakan pestisida berbahaya. Menanam sayuran secara hidroponik cukup mudah dilakukan bagi pemula. 

Anda hanya perlu menyiapkan pot atau polybag dan memulainya dalam skala kecil dengan memanfaatkan lahan yang ada. Semakin luas lahan yang tersedia, jumlah sayuran yang bisa ditanam juga akan semakin banyak. 

 2. Bibit Tanaman 

Usaha menjual bibit tanaman memiliki prospek yang menjanjikan. Memang bisnis ini bukan jenis usaha yang mudah dijalankan untuk pemula, tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. 

angsa pasar bibit tanaman juga luas. Selain mereka yang bergerak di sektor pertanian dan perkebunan, bibit tanaman juga dibutuhkan para penggemar tanaman. 

3. Tanaman Hias 

Selain bibit tanaman, peluang usaha lainnya yang bisa Anda pilih adalah menjual tanaman hias dengan berbagai varian dan spesifikasi. Untuk tahap awal, Anda bisa memulai usaha sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Saat ini budidaya tanaman hias tengah digandrungi, tidak hanya di pedesaan tetapi perkotaan. Tanaman hias dipilih untuk hiasan teras atau halaman rumah. Selain menyejukkan, keberadaan tanaman hias juga memberi pemandangan yang berbeda. 

4. Pupuk Tanaman 

Usaha sektor pertanian lainnya yang bisa Anda jalankan adalah menjual pupuk. Apalagi jika tempat tinggal Anda berdekatan dengan area persawahan, perkebunan dan ladang yang sangat membutuhkan pupuk tanaman. 


Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, usaha ini juga bisa dijalankan. Anda bisa menjual pupuk dalam kemasan plastik ukuran kecil untuk tanaman hias, sayuran yang ditanam di pot kecil dan kebutuhan lainnya. 

5. Rempah-rempah 

Menjual rempah-rempah bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Rempah-rempah dibutuhkan masyarakat, tidak hanya untuk keperluan rumah tangga tetapi juga mereka yang menjalankan bisnis kuliner. 

Menanam rempah-rempah tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan pekarangan Anda. Jika memiliki modal yang cukup, Anda bisa menanam rempah-rempah di lahan yang lebih luas.

sumber: sariagri

Post a Comment for "5 Peluang Usaha Sektor Pertanian yang Menggiurkan"

loading...
loading...